November 9, 2011

Pengalaman Pertama - Menjadi Seorang Cosplayer

Hmm... jadi apakah ada yang nggak tahu (atau mengerti) apa itu COSPLAY???
secarah harfiah *tsaahh, 
Cosplay berasal dari kata Costume and Play, yang artinya sebuah istilah atau kebiasaan berdandan sesuai karakter anime, manga, karakter game, film, dan lainnya.
Pertama kali ketemu dengan komunitas Cosplay di kota Makassar adalah ketika saya, dan teman-teman saya mengunjungi event Japan Festival di salah satu Mall di Kota Makassar pada bulan Fe.
Waktu itu saya excited banget melihat mereka, soalnya mereka cosplay keren-keren dan disitulah saya pertama kali melihat Si Putih (pacar saya) yang waktu itu Cosplay jadi Sasuke, dan cakep banget *fokus Ra'.. Fokus..* MySpace
Dan ketika itu, para Komunitas Cosplayer ini sedang membuka pendaftaran, saya dan teman saya si Ette tiba-tiba sangat excited pengen mendaftar pula.. Jadilah kami mendaftar untuk gabung di komunitas yang menamakan diri mereka CoMaSu (Cosplayer Makassar Suki), oh iya waktu itu saya sempat  foto dengan beberapa para Cosplayernya, #ihik *norak lu Ra'..*   *biariinnn...*
Foto bareng Conan, Soro, dan Luffy :)
Tapi waktu itu saya nggak langsung bisa ikut gabung dengan komunitas ini, terbentur dengan jadwal kuliah yang keterlaluan, dan saya nggak bisa membagi waktu antara kuliah dan kegiatan lain *waktu itu belum bisa..sekarang jago banget.. #ihik *

Dan ketika akhirnya saya bergabung, ternyata komunitas ini asik bangeet MySpace
saya langsung jatuh cinta dengan Komunitas ini.. orangnya  ramah-ramah dan seru-seru...
Kemudian, ketika akhirnya ada sebuah event dan CoMaSu  diundang, saya pun punya kesempatan untuk bisa Cosplay, waktu itu eventnya adalah Pray For Japan (karena waktu itu masih hangat-hangatnya tragedi tsunami di jepang)
Tapi... saya pun bingung mau cosplay apa??? MySpace
Berhubung saya adalah seorang wanita muslimah *ceilaahh..* yang bertekad nggak bakalan membuka hijab saya ketika Cosplay, saya pun mencari costume yang tidak terlalu terbuka, berlengan panjang, tapi tetap menarik perhatian.. hehehe...
Dan ketika sedang nge-search di mbah google, tentang baju cosplay, saya menemukan ini, dan kemudian jadi excited dengan costume itu...

Ada yang langsung tau ini costume apa????
Yup! *alahh.. emang ada yang jawab Ra'?*
itu adalah Costume Hokage ke-Lima, Tsunade, dari anime Naruto :)
Berhubung saya juga penggemar naruto, dari jaman SMA, saya pun langsung tertantang untuk memerankan peran Hokage ke Lima ini, dalam versi saya :)

Waktu itu, saya nge-share di grup, bahwa saya ingin menjadi nenek Tsunade, dan tanggapan anak-anak CoMaSu, ternyata mereka juga sangat excited, menunggu ada yang mau nge-cosplay ini, karena, ehem.. bagi yang tahu karakter ini, pasti mengerti lah apa yang bakalan menjadi tantangan nge-cosplay ini...
iya... tantangannya adalah, si Tsunade ini merupakan Cewek yang Seksii!!!

Sempat down, waktu anak-anak CoMaSu  bertanya, "Berarti nanti jillbabnya dilepaskan yak pas Cosplay Tsunade?" #glek MySpace 
Saya pun berkata, bahwa saya bakalan tetap memakai Hijab saya, dan tanggapan mereka pun DIAM, belum berani berkomentar..

Akhirnya, hari H nya tiba..
Waktu itu saya paniknya minta ampun, segala pikiran negatif di kepala saya bercampur aduk..
Bagaimana kalau nanti saya diketawain?
Bagaimana kalau saya jadi jelek banget nge-cosplay ini?
Bagaimana kalau nanti saya ditinggalin sendiri??
Bagaimana kalau nanti tiba-tiba Edward Cullen datang dan melamar saya? #eh?

Tapi, kepercayaan diri saya pun sedikit bertambah, karena teman saya si Ette juga bakalan nge-cosplay jadi Shizune (asistennya Tsunade) dan tetap mengenakan Hijabnya :)
Dan ketika akhirnya saya dan ette telah berganti kostum menjadi Tsunade dan Shizune di rumah salah satu admin (yang menjadi basecamp CoMaSu) reaksi pertama anak-anak CoMaSu  adalah, kaget!
Karena, bisa-bisanya si nenek Tsunade yang dalam animenya sering berjudi, dan seksi, tiba-tiba BERJILBAB!
Tapi, ternyata mereka kemudian tidak menjatuhkan saya (jatuh sih, tapi cuma sedikit) tapi memberikan saya kepercayaan, bahwa saya cocok menjadi karakter Tsunade, dalam versi saya..

Ketika akhirnya kami tiba di Gedung Mulo, tempat event Pray For Japan ini berlangsung, panik saya tiba-tiba melanda lagi.. karena disana banyak banget orang... MySpace 

Dan akhirnya, jadilah kami, para Cosplayer ini jadi pusat perhatian orang-orang, hihihi..
Waktu itu, CoMaSu memberikan performance Dance.. dan tentu saja saya nggak ikutan nampil #ihik
Bagaimana reaksi para pengunjung?
Heboh! Hehehe...
Banyak yang pengen Foto bareng,
dan Bagaimana penampilan saya waktu itu? #ihik 
Cosplay Hokage ke-Lima dan ke-Tiga
(iya, itu saya..bukan.. bukan yang pegang tongkat -__-")

Waktu itu belum terlalu berani buat foto sendiri, hihihi..
ini foto bareng  hokage ke-empat (ketiga dari kiri) dan orang yang pengen foto bareng #ihik

Dan setelah itu, di event ke-tiga setelah saya bergabung menjadi Cosplayer, saya pun membuat costume baru, dan waktu itu saya membuat costume original (costume rancangan sendiri, yang kita tentukan sendiri karakter yang akan kita perankan).
Saya, bersama Echa, teman saya, ber-cosplay original menjadi Silver dan Fire..

Saya (kiri) dan Echa (Kanan)
Silver dan Fire

Ceritanya disini saya menjadi seorang Vampire versi modern, dan si Echa menjadi seorang  pemburu Vampire :)


Setelah event itu, saya pun semakin bersemangat buat cosplay, tentu saja tetap pada pendirian saya yaitu, Cosplay nya nggak perlu buka jilbab :) MySpace


Dan kemudian, lagi-lagi ada event, kali ini adalah Lomba Cosplay antar Cosplayer di Kota Makassar yang diadakan di CCC, yaitu event Japan Expo..
Dan tentu saja, saya nggak ikutan.. hehehehe...
tapi waktu itu, saya ikutan meramaikan dan bercosplay :)
karena diadakan 3 hari, saya membuat 2 Costume baru, saking semangatnya, hohohoo..

Costume yang pertama adalah Haku, dari anime Naruto, *nggak terlalu mirip yah??? MySpace 
Cosplay Haku (saya) dan Pasangannya Zabuza :)

just Info, dalam animenya, si Haku ini adalah karakter Cowok, yang penampilan kayak cewek #ihik


dan yang kedua adalah Cosplay baju dari Anime Vampire Knight
Saya (kanan) dan Ette (kiri)
Sesama wanita berhijab, yang ikutan Cosplay #ihik



(Sepertinya saya jadi keterusan bercerita tentang Costume saya)


Jadi, begitulah pengalaman saya ketika menjadi seorang Cosplayer.
Seru dan Menyenangkan..
Dengan ber-cosplay, saya merasa bisa menjadi orang lain dalam karakter yang saya perankan MySpace 

Walaupun awalnya sempat Grogi dan Canggung, dan Nggak PD, dan lainnya, tapi pengalaman saya menjadi seorang Cosplayer adalah pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan :)

Lain kali saya akan menampilkan Foto-Foto Cosplay dari teman-teman CoMaSu saya :)


Artikel ini diikutsertakan dalam acara My First GiveAway - Pengalaman Pertama yang diadakan oleh Mba Una :)






19 comments:

  1. Wah terimakasih mbak sudah ikutan.
    Hmmm, aku sih gapaham tokoh komik. Tapi mbaknya keren pake kostum kostum gitu. Kok ga pake wig aja mbak?

    Segera kucatat yaaa :)

    ReplyDelete
  2. Asikk, masih bisa ikutan :)

    Hmm.. wig harganya mahal-mahal mba #ihik
    250rb lebih.. hehe..
    Dan saya masih belum familiar dengan penggunaan Wig, agak aneh aja rasanya, hehehe... :)

    ReplyDelete
  3. aaaahhhhhhhhh nemu orang yang sehobi, wah cosunya pada bagus2 >.< #meelltiiinngg

    itu punya juga ya vampire knight. aku juga punya.lihat deh di blog aku, di menu ada kantongfoto ok.

    oh ia salamkenal aku asep dari tim cosplay sukabumi Ai.Cor.Su( Aliansi cosplayer harajuku sukabumi) yoroshikuu ^^/

    aku follow ya? ku tunggu follow baliknya ^^

    ReplyDelete
  4. waahhhh...
    asiikk..asikk.. asikk.. ketemu rekan se-Hobby
    Watashi wa Rara desu, Yoroshiku onegaishimasu :)

    iya..pas saya buka foto-foto nya keren-keren juga :)

    nanti saya share foto-foto Cosplay saya dan teman-teman CoMaSu saya :)

    ReplyDelete
  5. Wah, ada coplayer dengan hijab, nih! Keren! ;D
    Aku dari dulu mau jadi cosplayer juga. Tapi, sadar diri. Itu terlalu menghambur-hamburkan uang. Bisa jadi malah jadi haram. Dan kayaknya, sama ibu nggak akan boleh juga. /eh

    ReplyDelete
  6. respect dari saya cosplayer solo :D

    ReplyDelete
  7. wahh, jadi pengen jadi cosplayer juga, tapi disini ga ada wadahnya T_T, tapi keren deh, salut buat kakak (y)

    ReplyDelete
  8. kereeen, aku juga mau cosplay tapi bingung karena gapingin lepas hijab :( eh ternyata ada juga blog yang makin ngasih motivasi, makasih kak!! xD

    ReplyDelete
  9. wiiihhh masukkannya kereeeenn >.<
    kunjungi juga ya
    tenshinologystic.blogspot.com
    arigatou :D

    ReplyDelete
  10. makasih kak, udah ngasih inspirasi
    yosh jadi semangat lagi :D

    ReplyDelete
  11. kak, aku mau tanya. aku pake kerudung tapi gak bisa hijab. menurut kakak kalo cosplay itu enaknya kostumnya yang gimana?

    ReplyDelete
  12. Kak, aku mau tanya..
    Sblmnya begini.. org Turki kan gk blh pakai jilbab, makanya mereka pakai wig .. (maksudku pakai jilbab, lalu jilbabnya ditutupin pakai wig), kan rambutnya dah gak keliatan.. kalau masalah bajunya kan bisa cari yg panjang..

    Nah kalau kek gitu blh gak sih Kak ?? Aku gk pingin lepas jilbab, tapi pingin jadi cosplay.. bingung banget Kak.. aku gak PeDe kalau pakai jilbab waktu cosplay

    Tolong jawabannya ya Kak

    Sincerely,
    N

    ReplyDelete
  13. Tolong aku mw tanya dijawab dong!
    Kalo mw masuk cosplayer caranya gimana dan apakah kita harus membayar?dan biasanya diadakan dimana ya....
    Aku pengen loh jadi karakter di naruto,yaitu tenten.karena mata saya yg berwarna coklat dan rambut aku juga coklat,gimana nih.aku juga mw nanya nih persyaratan jadi cosplayer harus umur berapa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm..
      kalau mau jadi cosplayer yah, lakukan saja,,hehehe..
      kalau saya dulu, di kota saya memang ada komunitasnya, jadi ada teman sesama cosplayer, ada teman untuk sharing bagaimana cara buat kostum aksesoris buat cosplay dan ada teman buat cosplay bareng2..
      kalau pembayaran, kayaknya enggak kok, kecuali kamu gabung di komunitas cosplay yg suruh kamu bayar uang iuran,
      uang yang kamu harus bayar sih paling yah biaya untuk buat kostum sm aksesoris cosplay kamu...

      setahu saya sih tidak ada batasan umur dalam cosplay, selama kamu suka untuk cosplay yah, cosplay aja :)

      Delete
  14. wah kak terimakasih, saya jadi terinspirasi. saya juga berjilbab dan ingin bercosplay. saya bingung kalau mengenakan jilbab apakah masih dapat bercosplay. ternyata kakak membuktikan kalau yg berjilbab juga bisa cosplay. terimakasih kak
    Sebenarnya saya dulu risih juga kalo pake hijab, tapi ketika pakai hijab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG saya malah lebih suka karena mukenanya nyaman, lembut dan adem. coba klik aja di www.mukenadistro.com.
    Makasih ya mbak udah berbagi cerita...

    ReplyDelete
  15. halo kak,salken ya hehehe :3 Namaku Audrey,pengen bgt jdi cosplayer,eh baru pertama kali nih ketemu cosplayer hijab xD Soalnya kmrn pas AFAID2015,jarang-jarang cosplayer berhijab dan rata-rata perempuan sih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai audrey, salam kenal, sy rara dr makassar..
      Hmm..saran saya sih klo memang mau jadi cosplayer dan bertahan menggunakan hijab, kàmu harus konsisten dan yakin sm pilihannya kamu..
      Klo di kota sy sih event cosplay belum terlalu banayk dan blum sebesar afaid, jadi blum terlalu banyak cosplayer yg akan menjudge ketika cosplayer berhijab ada (walaupun skrg sih sudah lumayan banyak yg sok kritik ttg itu)

      Àda banyak kok sebenarnya cosplayer hijab di jakarta, ada yg sdh masuk tv acara hitam putih malah..hehe..

      Delete
  16. Kaka tinggal di mana di bagian makassar... btw saya juga cosplayer kak... kalau bs kita join gmana ?... bedanya... kaka masuk komunitas... sedangkan saya bebas... sy punya sih komunitas anime... tp bukan cosplayer... btw... kyaknya seru tuh kalau samaan :')...
    Ohiya... sebelumnya... hajimemashite... watashi no namae wa icha desu... yoroshiku onegaishimasu��

    ReplyDelete

Jejak para pembaca, boleh komen suka-suka :)